hemm

Jumat, 03 Februari 2012

MOBIL-MOBIL CIPTAAN ANAK BANGSA

Alat transportasi merupakan sarana untuk menempuh jarak yang jauh menjadi dekat serta tidak memakan banyak waktu. Dari masa ke masa alat transportasi khususnya mobil telah diciptakan serta semakin canggih dan bentuknya makin beragam. Dimasa sekarang pun makin banyak sekali mobil yang diciptakan serta digunakan oleh banyak khalayak. Di Indonesia sendiri, sebagian besar menggunakan mobil yang berasal dari Jepang dan Eropa.
Kali ini saya akan membahas tentang mobil-mobil yang diciptakan oleh anak bangsa, dan rencananya beberapa akan diproduksi masal.


1. Arina


Arina merupakan mobil mungil buatan Semarang. Mobil Arina ini menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc.




2. Boneo



Mobil ini merupakan mobil buatan PT Boneo Daya Utama dan masih dalam tahap purwarupa. Modelnya ada dua yakni city car dan pikap dengan mesin V-Twin berkapasitas 653 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 15,3 kW dan torsi 44,3 Nm.


3. Komodo

Mobil ini adalah mobil offroad yang mampu melahap segala medan. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relatif kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relatif irit. Disamping untuk misi penjelajah atau survey atau pengawasan, maka FIN Komodo yang dirancang oleh salah satu desainer pesawat CN-250 Gatotkaca Ibnu Susilo juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility.


4. Esemka

Esemka pertama kali muncul ke publik pada 2009 lalu saat sebuah event di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mesinnya menggunakan mesin 1.500 cc yang berawal dari mesin Timor, namun dimodifikasi sendiri oleh Esemka. Karena berbagai keterbatasan, beberapa parts kendaraan diambil dari mobil yang sudah beredar di Indonesia. Seperti lampu depan, dashboard, dan lampu belakang.


5. Tawon

Mobil Nasional AG-Tawon diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya yang lokasi industrinya di Rangkasbitung - Banten. Kapasitas mesin Tawon sebesar 650 cc, 4 Percepatan transmisi manual yang dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Mobil ini mulai dikembangkan sejak tahun 2007, dan diproduksi sejak tahun 2009, serta mengandung 90% Kandungan Lokal.


6. GEA

GEA adalah proyek mobil nasional hasil riset PT. INKA (Industri Kereta Api) dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional), yakni mesin berkapasitas 640 cc. Tujuan GEA adalah memberikan alternatif mobil kecil menghadapi krisis energi.
Dilepas dengan harga antara Rp 45 -50 juta, mobnas yang satu ini masuk kategori city car berdimensi 3.320×1.490×1.640 mm dengan wheelbase 1.965 mm. Mesinnya 650 cc dan mampu melaju hingga kecepatan 85 km/jam dengan mesin 650 cc yang sistem pembakarannya injeksi EFI dengan penggerak roda depan.


Itulah sebagian kecil mobil-mobil yang diciptakan oleh bangsa, semoga pemerintah ikut andil dalam mendukung baik berupa biaya maupun fasilitas. Dan di masa depan, kita bisa melihat mobil-mobil karya bangsa berkeliaran di jalan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar