PEMANFAATAN KONSEP
KAWASAN KOMODITAS UNGGULAN PADA KOPERASI PERTANIAN
Burhanuddin*)
Abstrak
Salah satu peluang pengembangan usaha pada
koperasi khususnya yang bergerak di sektor pertanian adalah melalui program
pengembangan kawasan komoditas unggulan pada suatu wilayah. Dasar pemikirannya
adalah bahwa setiap wilayah umumnya memiliki kekhasan tersendiri yang membentuk
keunggulan komparatif.
Konsep kawasan komoditas unggulan sebenarnya
mereplikasi keberhasilan masyarakat dan pemerintah Jepang dan juga Thailand
yang sudah membuktikan kehandalan model satu desa satu komoditas yang di bangun
berdasar keunggulan komparatifnya. Di Jepang dikenal dengan istilah One.
Village One Commodity (OVOC) atau One Village
One Product (OVOP) dan di Thailand, program sejenis dan dikembangkan lebih
lanjut dengan nama One Tambon One Product (OTOP).
Untuk mendukung program ini diperlukan langkah
awal berupa pemetaan dan identifikasi potensi produk unggulan, seleksi koperasi
potensial, pengamatan terhadap kesesuaian potensi sumberdaya alam, SDM yang
mempunyai keterampilan dan etos kerja dan semangat kerjasama. Dibutuhkan
konsisensi kebijakan dan program, bila perlu dibentuk suatu social lab project
yang pada gilirannya menjadi rujukan semua pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar