hemm

Sabtu, 29 Desember 2012

Review 11: Abstrak


PEMANFAATAN KONSEP KAWASAN KOMODITAS UNGGULAN PADA KOPERASI PERTANIAN
Burhanuddin*)

Abstrak
Salah satu peluang pengembangan usaha pada koperasi khususnya yang bergerak di sektor pertanian adalah melalui program pengembangan kawasan komoditas unggulan pada suatu wilayah. Dasar pemikirannya adalah bahwa setiap wilayah umumnya memiliki kekhasan tersendiri yang membentuk keunggulan komparatif.

Konsep kawasan komoditas unggulan sebenarnya mereplikasi keberhasilan masyarakat dan pemerintah Jepang dan juga Thailand yang sudah membuktikan kehandalan model satu desa satu komoditas yang di bangun berdasar keunggulan komparatifnya. Di Jepang dikenal dengan istilah One.
Village One Commodity (OVOC) atau One Village One Product (OVOP) dan di Thailand, program sejenis dan dikembangkan lebih lanjut dengan nama One Tambon One Product (OTOP).

Untuk mendukung program ini diperlukan langkah awal berupa pemetaan dan identifikasi potensi produk unggulan, seleksi koperasi potensial, pengamatan terhadap kesesuaian potensi sumberdaya alam, SDM yang mempunyai keterampilan dan etos kerja dan semangat kerjasama. Dibutuhkan konsisensi kebijakan dan program, bila perlu dibentuk suatu social lab project yang pada gilirannya menjadi rujukan semua pihak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar