hemm

Sabtu, 29 Desember 2012

Review 16: Kendala-kendala yang Dihadapi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Perintis


TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA DALAM KEGIATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PERINTIS KELURAHAN DAUH PURI KLOD, KECAMATAN DENPASAR BARAT, KOTA DENPASAR

I KETUT RANTAU DAN HERYO SILITONGA
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana
Jalan PB Sudirman Denpasar Bali-Indonesia


Kendala-kendala yang Dihadapi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Perintis
Adapun kendala-kendala yang dihadapi anggota KSP Perintis dalam berpartisipasi sebagai berikut :

1.    Aspek ekonomi
Kendala yang dihadapi KSP Perintis dalam aspek ekonomi adalah kurangnya partisipasi  responden dalam pembayaran kredit. Dalam hal ini 50% dari keseluruhan Anggota lebih mengutamakan membayar bunga kreditnya saja. Hal ini disebabkan karena responden lebih mengutamakan kebutuhan rumah tangga, sehingga KSP Perintis tidak dapat meningkatkan SHU secara maksimal.

2.    Aspek sosial
Tidak adanya kendala-kendala yang dihadapi responden dlam berpartisipasi dilihat dari aspek sosial. Hal ini disebabkan antara responden KSP Perintis mempunyai ras kekeluargaan yang tinggi dan rasa saling menghargai, sehingga perselisihan tidak pernah terjadi.

3.    Aspek teknis
Dalam aspek teknis responden tidak mengalami kendala-kendala dalam berpartisipasi, dikarenakan responden selalu mendapatkan pinjaman kredit secara cepat dan tepat, begitu juga pada responden menyimpan pada KSP Perintis. Hal ini didukung karena KSP Perintis memiliki staf administrasi yang ahli dan telah menggunakan sistem komputerisasi dalam transaksi simpan pinjam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar